Sebelum Berlibur Keluar Negeri, Sebaiknya Ke Pulau Morotai Terlebih Dahulu

tanjung gorango pulau morotai - foto : blog Pambontar

Nganatrip - Pulau Morotai merupakan zona nostalgia Perang Dunia II yang pada saat itu memiliki peran strategis pada saat itu. Pulau Morotai merupakan basis militer Jepang untuk menguasai Indonesia, Filipina dan sebagian Malaysia. Pada tanggal 15 September 1944 terjadi Peperangan Morotai yang melibatkan sekutu Amerika Serikat, Australia, Belanda dan UK melawan sekutu Jepang. 

Beberapa artefak sisa Perang Dunia II, seperti meriam artileri, bangkai kapal perang, kendaraan ampibi, landas pacu serta bunker perlindungan masih dapat ditemukan di Pulau Morotai. Bahkan salah satu pulau di Pulau Morotai yakni Pulau Sumsum pernah dijadikan Markas sekaligus tempat peristirahatan oleh jendral besar Mac Arthur, salah seorang pemimpin tentara sekutu Amerika Serikat di wilayah pasifik pada saat itu

Kabupaten Pulau Morotai merupakan bagian dari Provinsi Maluku Utara yang letaknya di bagian paling utara dekat samudra pasifik. Pulau Morotai terkenal dengan wisata bahari, alam dan sejarahnya sehingga tidak heran daerah ini bahkan menarik minat turis mancanegara untuk berwisata di tempat ini, pada tahun 2012 pemerintah menyelenggaran Sail Morotai disana dan dihadiri oleh tamu-tamu dari mancan negara dan ini menjadi ajang promosi untuk memperkenalkan Morotai. 

Ibukota dari Pulau Morotai adalah Kota Daruba. Di kota Daruba terdapat kantor pemerintah daerah setempat yang menyediakan informasi bagi turis yang berkunjung ke Pulau ini. Dibagian perkampungan tua kota Daruba, Anda dapat menemukan "Marston Matting" yang merupakan peninggalan Amerika Serikat saat PD II dijadikan pagar rumah penduduk. Pulau Morotai semakin dikenal melalui program Pemerintah Daerah setempat dengan menggelar Sail Morotai pada tahun 2012.

Jika kalian memiliki rencana untuk berlibur keluar negeri, ada baiknya kalian unuk ke pulau Morotai ini, karena keindahan alamnya pasti membuat ada bentah ketika berada di Morotai.

1. Tanjung Gorango
tanjung gorango pulau morotai - foto : blog Pambontar
2. Air Terjun Leo
air terjun leo - foto : carina
3. Batu Kopi
batu kopi yang unik di pulau morotai - foto : carina

4. Air Terjun Raja
air terjun raja - foto : taiwanLCDF
5. Tempat Tepat Untuk Diving
tempat diving yang canti di pulau morotai - foto : cipto aji gunawan

tempat diving yang canti di pulau morotai - foto : cipto aji gunawan

0 Response to "Sebelum Berlibur Keluar Negeri, Sebaiknya Ke Pulau Morotai Terlebih Dahulu"

Post a Comment