Keindah Pantai Halmahera Yang Wajib Kamu Ketahui

Pantai Luari Tobelo Halut - Foto : Blog Rusmin Djosmar

Nganatrip -  Provinsi Maluku Utara yang berbentuk kepulaun ini tentunya memiliki banyak pulau dan pantai yang sangat indah. Tidak terkecuali Halmahera, pulau terbesar di kepulauan Maluku ini juga sangat banyak memiliki wisata pantai yang cantik dan indah. Setiap pantai memiliki ciri masing-masing seperti pantai yang berpasir putih, pada sebagian pantai juga mmiliki tebing, deburan ombak yang cantik dan air lautnya yang biru membuat pantai di Halmahera tidak kalah dengan pantai-pantai yang suduah terkenal seperti Hawai dan bali.

Ketika kalian memilki kesempatan mengunjungi salah satu pantai di Halmahera pastinya kalian akan langsung di hadapkan dengan pemandangan yang masih alami dan belum banyak campur tangan manusia, ini dikarenakan masih banyak yang belum tau tentang pantai-pantai indah di Halmahera. Berikut wisata pantai Halmahera yang wajib kalian ketahui :

1. Pantai Jara-jara

Pantai Jara-jara -  Foto : Rusmin Djosmar


Pantai yang pertama adalah pantai Jara-jara, nama pantai ini di ambil dari nama desa yang bernama sama yaitu desa Jarajara yang berada di kecamatan Maba Utara, kabupaten Halmahera Timur. Pantai ini memilki ciri pasir putih yang membentang panjang. Di pantai ini memiliki berbagai macam biota laut seperti terumbu karang yang luas dan ikan-ikan kecil yang cantik. Jika kalian tertarik menunjungi pantai ini, bisa ditempuh melalaui jalur laut dengan menaiki speedboat dari desa Buli sekitar 3 jam perjalanan atau bisa juga dengan menaiki kapal penumpang dengan waktu tempuh 6 jam perjalanan, anamun kapal penumpang ini tidak dapat melayani setiap hari hanya 4 kali dalam seminggu.

2. Pantai Helitetor & Silalayang

Yang kedua ada pantai Helitetor dan Silalayang, nama kedua pantai ini juga sama persis dengan nama desa Helitetor dan Silalayang kecamatan Wasile Tengah, kabupaten Halmahera Timur yang menjadi lokasi pantai ini. Kedua pantai ini masih dalam satu garis pantai yang sama, namun karena letak kedua pantai ini yang berbeda tempat sehigga masing-masing pantai ini memilki nama yang berbeda. Pantai yang memililki pasir putih dan halus ini sering di kunjungi pada saat hari libur seperti libur hari raya dan tahun baru. Selain itu pepohonan yang masih rindang dan alami menambah sejuknya pantai ini. Berbeda dengan pantai Silalayang pantai Helitetor  hanya menyajikan dengan keindahannya tapi juga ada sebuah benteng peninggalan perang Dunia II disiniUntuk bisa sampai ke pantai ini bisa melalui jalur darat yang bisa di tempuh sekitar 2 jam perjalanan dari kecamatan Subaim.

3. Pantai Kupakupa



Pantai Kupakupa - Foto : Rusmin Djosmar

Yang unik dari pantai Kupakupa adalah dia memiliki pohon beringi dan ketapang yang rindang yang tumbuh di sepanjang pantai ini. Bagi yang suka olahraga senang, canoing dan snorkling pantai ini sangat cocok, karena letaknya yang seakan-akan berada di dalam teluk yang membuat pantai ini  memiliki arus laut yang cukup tenang. Pantai ini ramai di kunjungi ketika wekend dan hari libur lainnya. Pantai ini letaknya di Tobelo, kabupaten Halmahera Barat.

Bagi kalian yang ingin menginab di pantai ini juga bisa, karena telah ada pondok-pondok kecil yang tentunya nyaman untuk kalian yang bermalam di sana, dan juga memiliki taman yang penuh dengan burung-burung, kupu-kupu dan kucing yang ramah yang menambah keasikan jika lakian berkunjung ke pantai Kupakupa ini. Untuk urusan makan anda tidak perlu kuatir karena tempat pondok sudah sekaligus menyediakan makanan khas Tobelo dan tentunya harganya juga sangat murah.

Menuju pantai bisa di tempuh dengan menggunakan kendaraan umum yang biasa disebut microlet tujuan kao tujuan kao kemudian di lanjutkan naik ojek untuk bisa sampai ke pantai Kupakupa ini


4. Pantai Idamdehe
 

Pantai Yang Terletak di desa Idamdehe sekitar 20 km dari kota Jailolo ini adalah sebuah pantai vulkanik yang masih jarang orang mengetahunya, pantai ini pada bagian utara memiliki ciri air yang panas, panas ini didapat dari air panas bumi yang mengalir menuju pantai Idamdehe ini, semnatara di bagian selatan terasa dingin. Untuk sampai ke pantai bisa menggunakan mobil atau motor yang bisa di tempuh 30 menit.

5. Pulau Dodola


Pulau yang satu ini merupakan salah satu pulau terindah yang ada di Provinsi Maluku Utara, Pulau ini masuk dalam wilayah kabupaten  pulau Morotai. Pasir yang sangat putih menambah keindahan pantai di pulau ini. Yang unik darri pulau Dodola ini adalah memiliki dua ukuran gugusan pulau yang berbeda yang biasa di sebut Dodola Kecil dan Besar, jarak keduanya hanya sekitar 500 meter dengan pasir putih yang membentang ketika air laut sedang turun.

Jika kalian memiliki kesempatan bisa mengunjungi pulau ini pasti kalian akan langsung terpesina dengan keindahanya, desiran ombak dan air lautnya yang sangat jernih bagaikan kristal kaca yang berkilauan ketika terkena sinar matahari. Untuk mengunjungi pulau ini bisa di tempuh dari kota Ternate menuju Pulau Morotai  dengan menaiki pesawat cessna kemudian dilanjutkan dengan dengan menggunakan speedboat dari Daruba menuju kepulau Dodola, ada alternatif kedua melalui kota Tobelo menuju Pulau Morotai mengunakan kapal Ferry kemudian di lanjutkan menuju pulau Dodola.

6. Pantai Umera

Pantai Umera - Foto : Blog  Nagebe & Setyanisa
Pantai ini memiliki bentangan pasir putih yang sangat pangjang yaitu sekitar 3 km dengan lebar pantai 30-45 m. Kesan pertama jika laian melihat pantai ini adalah rasa nyaman dan berada di pantai ini dan mata akan di manjakan dengan air laut yang berwarna biru, pantai ini termasuk yang terpopuler di Kecamatan Pulau Gebe, Halmahera Tengah.
Kecamatan Pulau Gebe ini berbatan langsung dengan Kabupaten Raja Ampat, jadi keindahan ini hampir sama persis dengan pantai yang ada di Raja Ampat.  Mungkin ini bisa menjadi pilihan destinasi tujuan ada selanjutnya.
Tinggalkan Komentar kalian di bawah dan janagan lupa untuk Like Facabook kami !

0 Response to "Keindah Pantai Halmahera Yang Wajib Kamu Ketahui"

Post a Comment