Gohu Ikan Cakalang

Gohu ikan cakalang - foto : detik food
Nganatrip - Makanan dengan bahahan ikan segar tidak hanya di temukan di Jepang saja seperti sushi, tetapi di Maluku Utara juga ada . Gohu terbuat dari ikan terbuat dari ikan cakalang yang masih mentah di cuci dan di potong kecil-kecil berbentuk dadu.

Penggunaan ikan cakalang sering di gunakan karena banyaknya ikan caklang ketika sedang musim, kala sedang tidak musim, bisa diganti dengan ikan kecil yang sejeni, dan bertekstur sama. Guhu juga bisa di makan bersamaan pisang santan atau kasbi (singkong) rebus dan juga sagu. untuk cara membuatannya juga sangat mudah

Bahan :
200 gram ikan tuna
1 genggam kacang tanah goreng (atau kenari sangrai),tumbuk kasar
4 sdm minyak kelapa (bukan minyak kelapa sawit!)
Bumbu:
10 cabe rawit (rica gufu), rajang kasar
1 genggam kemangi (balakama), sebagian rajang kasar
10 siung bawang merah, rajang kasar
2 lemon cui (limau kasturi, jeruk kunci, kietna)
garam

Cara Membuat :
Ikan tuna yang masih segar di cuci dan di potong kecil-kecil berbentuk dadu, selagi memotong ikan panaskan juga minyak kelapa untuk nanti di gunakan di akhir. kemudian lumuri dengan menggunakan perasan lemon cui atau juga bisa dengan jeruk nipis dan potongan daun kemangi, selanjutnya campur dengan potongan cabe rawit, bawang merah dan kacang tanah. Terakhir siram dengan minyak kelapa panas, ini akan membuat ikan tuna menjadi setengah matang, untuk garnis bisa menambahkan potongan tomat dan daun kemangi segar di atasnya.


0 Response to "Gohu Ikan Cakalang"

Post a Comment